Latar Belakang Berdirinya Panti Asuhan

Peristiwa gempa bumi telah berlalu namun hal tersebut meninggalkan berbagai kondisi yang perlu mendapatkan perhatian yaitu : Kemiskinan,anak – anak terlantar karena menjdai yatim piatu dan ketidakberdayaan dalam perekonomian maupun social.Dan kondisi tersebut diatas timbul niat yang tulus daripara pengurus untuk sedikit meringakan beban mereka melalui lembaga social Panti Asuhan dan Fakir Miskin.Pada awalnya mengasuh 3 ( tiga ) anak yatim piatu dari korban gempa 26 mei 206 Bantul bertambah menjadi 15 ( lima belas ) dan akhirnya sampai saatr ini mencapai 50 anak asuh dan 15 kaum dhuafa.

Visi :
Membangkitkan kepedulian dan menumbuhkan kepekaan social terhadap sesame,khususnya kepada anak yatim  piatu/yatim/piatu dan dhuafa sehingga terwujud insan yang mulia yang bertaqwa,berilmu,berakhlaqul karimah dan mandiri.
Misi :
Memberikan pendidikan dan bekal ketrampilan kepada anak – anak yatim piatu/yatim/piatu dan dhuafa sebagai bekal hidup agar menjadi insan yang berguna dan beraklaq mulia. Menciptakan kader – kader muslim yang memiliki komitrmen terhadap Islam,berilmu,berakhlaqul karimah dan mandiri. Menggali,membangun dan mengembangkan potensi,bakat dan minat anak asuh dalam menghadapi era teknologi,globalisasi dan persaingan bebas.
MOTTO :
Man Jadda Wa Jadda ( Barang Siapa Bersungguh – sungguh dia akan mendapatkannya )
IV.Maksud dan Tujuan :

  • Memberikan pendidikan dan pengajaran nilai – nilai agama islam serta kecakapan hidup bagi anak asuh.
  • Mendidik dan memberikan keteladanan kepada anak asuh dalam membangun sikap mental,pengetahuan/wawasan dan ketrampilan.
  • Memberikan generasi yang berkualiatas secara moral maupun ilmu pengetahuan dan membantu Pemerintah dalm usaha melaksanakan program kesejahteraan.

Landasan.

  • Al-Quran Surat Al Maun ayat 1 – 7
  • Hadist Sahl bin Sa’ad ra,berkata Rasullah SAW : “ Saya dan orang yang memelihara anak yatim dengan baik, disorga bagaikan dekatnya jari telunjuk pada jari tengah.
  • Pancasila sila ke 1 : Ketuhanan Yang Maha Esa
  • UUD 1945 Pasal 34

Program dan Kegiatan

Program Jangka Pendek :
Mencari donator/dermawan dan donator/dermawan tetap untuk menunjang kegiatan Panti Asuhan. Menyantuni anak – anak Yatim Piatu,Yatim,Fakir Miskin untuk saat Ini hanya diperuntukkan bagi wilayah Bantul (apabila terdapat dana lebih bias dimungkinkan luar wilayah Bantul )
Program Jangka Panjang.
Memiliki bangunan untuk Panti Asuhan

Kegiatan :
Menampung anak dari kalangan yatim dan taim piatu serta dhuafa dibawah pengawasan dan pengampunan yang terorganisir. Memberikan pendidikan minimal memenuhi wajib belajar 12 tahun, baik melalui pendidikan formal maupun non formal. Mewujudkan generaqsi yang qur’ani dan berkualitas secara moral maupun social dengan memberikan pendidikan yang layak bagi anak asuh. Membekali anak asuh dengan berbagai ketrampilan dan kecakapan yang sekiranya dapat menjadi modal hidup dimasa dewasa,meliputi : bersikap optimis terhadap nasib,berwawasan luas,santun dan berakhlaq mulia, serta terampil; dalam memecahkan problem kehidupannya.

3 thoughts on “Latar Belakang Berdirinya Panti Asuhan

  1. Ping-balik: Sekilas Tentang Panti Asuhan Miftakhul Jannah | Selamat Datang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s